[aioseo_breadcrumbs]

Artboard_1_effe7bdd24-min

Cara Bikin Taman Depan Rumah Sederhana yang Irit Budget

Cara bikin taman depan rumah sederhana sangatlah mudah. Tak hanya mudah, namun juga bisa menghemat budget. Tentunya hal ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di wilayah perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan dan biaya.

Menurut studi yang diterbitkan International Journal of Environmental Health Research, ruang terbuka hijau memiliki banyak manfaat. Antara lain mengurangi stres, tekanan darah, dan detak jantung, serta mendorong aktivitas fisik dan meningkatkan suasana hati, dan kesehatan mental.

Dengan adanya banyak manfaat tersebut, saat ini banyak orang yang menghadirkan ruang terbuka hijau atau taman di rumahnya. Nah sebelum kita mempelajari bagaimana cara bikin taman depan rumah, simak ulasan berikut ini dulu ya. Tentunya hal ini untuk menambah pengetahuan Anda sebelum membuat taman.

Pengertian Taman

Laurie (1986), taman, berasal dari kata “Gard” yang berarti menjaga dan “Eden” yang artinya kesenangan. Jadi, bisa diartikan bahwa taman adalah sebuah tempat yang digunakan untuk kesenangan dan dijaga keberadaannya.

Sedangkan dalam pengertian terbatas, taman merupakan sebidang lahan yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik juga memanjakan mata dan kenyamanan bagi para pemiliknya.

Jenis-Jenis Taman

Adapun jenis-jenis taman yang disesuaikan dengan ruang disekitarnya, seperti:

  • Taman Rumah Tinggal
  • Taman Perkantoran
  • Taman Lingkungan Permukiman
  • Taman Kota
  • Taman Sekolah
  • Taman Kawasan Industri
  • Taman Wisata

Fungsi Taman di Rumah

Dalam artikel ini kita akan lebih spesifik membahas mengenai taman rumah. Menurut Nurhayati (1994), taman rumah merupakan sarana berkumpul dan bermain bagi keluarga. Selain itu fungsi lainnya adalah sebagai berikut:

1. Menyalurkan Hobi

Anda hobi bercocok tanam? Jika ya, maka membuat taman depan rumah sederhana adalah kegiatan yang pasti akan Anda sukai. Hobi ini biasanya dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki kesenangan dengan keindahan tanaman. Selain itu, bisa juga untuk mengisi waktu luang agar lebih produktif.

2. Tempat Pelepas Penat

Memiliki rutinitas harian yang seringkali membuat Anda burnout tentu sangat tidak menyenangkan. Keberadaan taman depan rumah sederhana bisa menjadi solusinya. Saat Anda sedang lelah, Anda bisa bersantai di area taman untuk melepas penat sambil menikmati indahnya tanaman dan pepohonan.

3. Sebagai tempat rekreasi

Dengan adanya taman tropis di rumah, Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk berekreasi keluar rumah. Cukup dengan menyulap taman depan rumah Anda senyaman mungkin agar terlihat menarik dan cozy.

Jika Anda memiliki anggaran lebih, bisa juga untuk menghadirkan beberapa fasilitas pendukung. Seperti misalnya area bermain anak, gazebo, dan kolam ikan. Dijamin, taman depan rumah Anda akan menjadi spot yang sangat menyenangkan

4. Sebagai media untuk edukasi

Taman dapat digunakan untuk menanamkan rasa cinta terhadap alam dan tanaman kepada anak. Dengan mengajari cara bercocok tanam kepada anak, tentunya anak akan lebih menghargai tanaman dan alam yang ada di sekitarnya.

Cara Mudah Membuat Taman Depan Rumah

1. Menghitung Luas Lahan yang Tersedia

Sebelum mulai membuat taman depan rumah, Anda harus menghitung luas lahan yang tersedia. Hal ini penting agar taman yang Anda inginkan bisa sesuai dengan ketersediaan lahan yang ada.

Jika ragu untuk melakukan sendiri, Anda bisa menggunakan Jasa Renovasi Rumah & Toko Bangunan. Mitraruma menyediakan fitur konsultasi daring atau bisa juga chat melalui WhatsApp. Fitur konsultasi daring yang Mitraruma sediakan ini gratis, lho!

2. Tentukan Konsep

Konsep taman seperti apa yang Anda inginkan? Agar lebih mudah menentukannya, sesuaikanlah konsep taman dengan tema keseluruhan rumah. Hal ini penting untuk mengharmonisasikan konsep rumah milik Anda dengan desain taman minimalis di halaman sempit.

3. Siapkan Denah Kasar Taman

Sebelum mulai membangun taman, buatlah denah kasar tata letak elemennya terlebih dahulu. Idealnya, area untuk tanaman hijau minimal adalah sepertiga luas lahan.

Kemudian baru Anda bisa meletakkan elemen lain seperti kolam kecil, meja outdoor, dan lainnya. Untuk kolam sendiri, luasnya jangan sampai melebihi dua pertiga luas lahan, ya.

4. Kenali dan Pilih Jenis Tanaman

Pahami kondisi taman depan rumah yang ada dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Taman depan rumah harus bisa menjadi representasi cita rasa dan selera pemilik rumah, sebuah tempat dimana anggota rumah bisa bebas beraktivitas dan merasa senang dengan hasil akhir taman depan rumah.

Untuk mendapatkan inspirasi tentang jenis taman depan rumah yang diinginkan, coba gali inspirasi dari majalah, internet dan ide-ide taman lain yang pernah Anda lihat.

Pemilihan tanaman untuk taman depan rumah tidak boleh Anda anggap remeh. Jangan kalap membeli berbagai tanaman hias yang sedang hits saat ini.

Anda harus mempertimbangkan ruang tumbuh tanaman nantinya. Sebaiknya, lapisi tanah dengan dominasi rumput taman, sementara tanaman lainnya cukup 3-4 jenis. Atau, gunakan tanaman dalam pot agar penataannya lebih mudah di taman.

5. Pastikan Ketersediaan Pasokan Air dan Sediakan Pupuk

Ketika mendesain taman minimalis, jangan lupa untuk memastikan ketersediaan pasokan air. Jika tanaman yang Anda tanam cukup banyak, maka penting untuk Anda memperhatikan ketersediaan saluran air untuk mengatur dan menyerap kelebihan air agar tidak menggenang. Jika air menggenang, maka bisa membuat tanaman Anda cepat busuk di bagian akar.

6. Berikan Dekorasi Pelengkap

Penerangan sering dilupakan ketika seseorang membangun taman depan rumah. Padahal, lampu khusus taman sangat penting agar tampilannya tetap menawan meski di malam hari.

Supaya menghemat listrik, Anda bisa memilih lampu yang hemat energi atau bisa juga lampu dengan tenaga surya untuk dijadikan penerangan taman. Setelah itu, lengkapi area ini dengan dekorasi lainnya seperti pajangan atau pagar kecil.

7. Sediakan Anggaran yang Dibutuhkan

Jika Anda menggunakan jasa ahli untuk mengerjakan pembuatan taman, maka Anda harus menyiapkan anggaran lebih untuk itu. Bahkan sebisa mungkin menyiapkan anggaran cadangan.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bisa saja anggaran membengkak akibat adanya hal-hal yang terjadi diluar planning yang Anda buat. Supaya pembuatan taman berjalan sesuai budget yang ada, coba bagi area taman rumah menjadi beberapa bagian dan biaya yang akan timbul.

8. Buat Target dan Timing yang Jelas

Setelah rencana cara membuat taman depan rumah sudah mantap seluruhnya, baik dari segi prosedur hingga budget, saatnya untuk mulai bekerja! Namun, pahami kalau cara membuat taman depan rumah tidak akan mengambil waktu yang singkat, bisa bulanan hingga menahun.

Visi dalam cara membuat taman depan rumah ini memang berbeda-beda bagi tiap individu. Supaya Anda tidak kewalahan, bagi proyek cara membuat taman depan rumah ini dalam beberapa fase dan beri target waktu yang realistis.

Hal ini baik supaya rencana jangka pendek ini bisa diselesaikan satu persatu, dibandingkan dengan membuat rencana jangka panjang yang tidak kunjung kelar.

Cara Merawat Taman di Rumah

1. Rutin Melakukan Penyiraman

Menyiram tanaman atau bunga pada taman sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari. Menyiramnya secara rutin berguna untuk menyeimbangkan tanaman supaya tetap segar, tidak layu serta tidak mudah mati.

2. Berikan Obat Pembasmi Hama

Tujuan dari memberikan obat pembasmi hama adalah untuk menjaga kebersihan tanaman. Hal ini tentunya juga untuk menghindari munculnya serangan hama yang merugikan pada tanaman. Anda bisa menggunakan obat pestisida atau obat pembasmi hama natural lainnya.

3. Berikan Pupuk

Memberikan pupuk berfungsi agar tanaman tumbuh dengan subur. Sebaiknya tambahkan pupuk yang terbuat dari kotoran hewan, karena pupuk kotoran memiliki nutrisi yang bagus bagi tanaman. Pemberian pupuk bisa dilakukan setidaknya satu minggu sekali.

4. Rutin Memotong Ranting dan Daun

Jika ada ranting dan daun yang sudah tua sebaiknya segera potong sebab akan mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Selain itu, memotong rutin ranting dan daun juga berguna untuk tanaman agar terlihat lebih fresh dan cantik.

Mau Punya Hunian yang Nyaman? Gampang Banget, lho!

Memiliki rumah yang nyaman tentu idaman semua orang, bukan? Saat lelah menjalani rutinitas harian yang cukup padat, kita tentu membutuhkan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Entah itu untuk tidur ataupun bersantai bersama keluarga.

Meningkatnya suhu pada siang hari tentu akan membuat Anda tidak nyaman. Hadirnya taman selain untuk spot bersantai, juga bisa membuat rumah Anda lebih asri. Untuk mewujudkannya pun mudah lho!

 

Sumber : https://www.mitraruma.com/

Related Articles

10 Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu yang Cerah dan Cheerful

Warna cat ruang tamu yang cerah mampu membangkitkan energi penghuninya….

Baca Lebih Lengkap

Model Kitchen Set Terbaru Masa Kini

Model kitchen set terbaru memang selalu menarik perhatian. Terutama bagi…

Baca Lebih Lengkap

Menghilangkan Semut di Rumah, Pakai Bahan Alami Ini Saja!

Cara menghilangkan semut di rumah, kira-kira bagaimana, ya? Semut yang…

Baca Lebih Lengkap
Butuh bantuan?